Friday

Begini Cara Modifikasi Honda Tiger Menjadi CB Dream, Simple Dan Mudah

Ada 2 pengertian tentang motor Tiger modifikasi CB, yaitu motor CB (kerangka, body,aksesoris) yang dimodifikasi dengan mengganti keseluruhan mesin dengan mesin Honda Tiger, pengertian kedua adalah memodifikasi Honda Tiger (rangka dan mesin asli tiger) dengan aksesoris (tangki, body, dll) Honda CB. Dalam dunia modifikasi, modif CB yang dimaksud adalah memodifikasi motor Honda CB dengan mengganti mesin asli dengan mesin Honda Tiger. Berikut ini adalah contoh Motor tiger yang sudah dimodifikasi menjadi Honda CB, perubahan pertama dilakukan pada rangka, rangka dipotong disesuaikan dengan panjang motor CB, dudukan jok dan tangki, dudukan kaki-kaki serta dudukan mesin. Motor yang digunakan adalah Honda Tiger keluaran tahun 2004, jok dan tangki diganti model Honda Cb Dream, ban diperbesar dan diganti ban tubeless, untuk shock depan menggunakan model untuk Byson.

Baca Juga : Koleksi Foto Modifikasi Honda Tiger Jadi CB 200

Honda CB pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1971 dengan kode Honda CB 100 K1 oleh PT Federal Motor karena perusahaan tersebut memang baru didirikan 11 Juni 1971. Sebelum CB, tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi AHM adalah tipe bisnis S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. Memproduksi disini sebenarnya hanya merakit, karena pada saat itu PT Federal Motor masih mengimpor komponennya dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down).
Kebijakan pemerintah dalam hal lokalisasi komponen otomotif mendorong PT Federal Motor memproduksi berbagai komponen sepeda motor di dalam negeri melalui beberapa anak perusahaan, diantaranya;

PT Honda Federal (1974) memproduksi komponen-komponen dasar sepeda motor Honda seperti rangka, roda, knalpot dsb.
PT Showa Manufacturing Indonesia (1979) khusus memproduksi peredam kejut
PT Honda Astra Engine Manufacturing (1984) memproduksi mesin sepeda motor
PT Federal Izumi Manufacturing (1990) khusus memproduksi piston
Pada tahun 2000 PT Federal Motor dan anak-anak perusahaan di-merger menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, dengan komposisi saham 50% PT Astra International Tbk dan 50% Honda Motor Co. Japan.

Saat ini AHM memiliki 3 fasilitas pabrik perakitan ;
Pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang berfungsi sebagai kantor pusat.
Pabrik kedua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading.
Pabrik ketiga sekaligus pabrik paling mutakhir berlokasi di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi. Pabrik ini merupakan fasilitas pabrik perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2005.

Pada tahun 2007, AHM menempati ranking pertama penjualan sepeda motor di Indonesia dan tingkat ASEAN dengan produksi ke-20 jutanya. Pada tingkat dunia, AHM menempati ranking 3 setelah pabrik sepeda motor Honda di Cina dan India.

Baca juga : Tips Merawat Motor Matic yang Benar dan Sederhana


Ada banyak tipe CB yang dikeluarkan Honda tetapi tidak semua tipe tersedia di tiap negara. Di Indonesia, jenis CB yang diintroduksi adalah CB 100cc, 125 cc, 175 cc, dan 200 cc. Tiga tipe terakhir tersedia pula dalam silinder ganda, namun di Indonesia CB100 dan CB 125 mesin tunggal lebih populer karena harganya yang murah, perawatannya mudah, dan fleksibel untuk dimodifikasi. Honda CB 100 K1 masuk Indonesia tahun 1971, sedangkan Honda CB 100 K2 masuk Indonesia tahun 1972. Dalam kurun waktu satu dasa warsa (1971-1981) jumlah total penjualan Honda CB di tanah air mencapai 600 ribu unit.

dan berikut ini beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk merubah si macan jadi Honda CB Dream. 

1. Rangka

 

Rangka Honda Tiger memiliki bentuk yang berbeda dengan Honda CB. Perbedaan tersebut terletak pada bagian belakang. Pada Honda Tiger rangka cukup panjang dan posisinya agak naik, sementara Honda CB memiliki rangka yang lebih pendek dan rata. Oleh karena itu beberapa modifikator lebih memilikh rangka GL 100. Modifikasi cukup membesarkan lubang baut engine holder serta memindah nomor rangka. Namun jika tetap ingin menggunakan rangka tiger, kamu harus memotong rangka bagian belakang. Setelah itu disambung dengan pipa besi sehingga rangka menjadi rata.
  

2. Body Set

 
Sementara itu untuk membuat tampilanya menjadi CB, bisa membeli body set CB Dream mulai dari tangki, jok, tutup samping serta sparbor depan dan belakang. Tinggal lepas body set aslinya lalu pasang body set CB dream tersebut. Beberapa part mungkin tidak bisa langsung PNP jadi perlu beberapa penyesuaian. Untuk itu dalam memodifiasi honda tiger jadi CB dream ini baiknya dilakukan di tukang las atau bengkel modifikasi.

3. Lampu Lampu

 

Untuk menyempurnakan tampilan Honda CB Dream, lampu honda tiger silahkan dilepas semuamnya. Belilah lampu aftermarket mulai dari lampu kepala, stop lamp dan lampu sein. Beberapa part lainya juga perlu disesuaikan seperti spion dan spedometer.

Video Modifikasi Honda CB



Demikianlah cara modifikasi honda tiger menjadi CB Dream. Tertarik untuk mencobanya? Untuk sektor engine sebenarnya sudah cukup dengan bawaan tiger. Namun jika ingin diupgrade bisa saja dilakukan. Sebaiknya konsultasikan dengan bengkel yang sudah berpengalaman untuk merubahnya. Selain honda tiger kamu juga bisa modifikasi honda gl max jadi cb glatik.

0 komentar:

Post a Comment