Tuesday

Review Datsun GO+

Review Datsun GO+ - Terhitung sudah lebih dari 3 dekade Datsun mobil mati suri dari industri mobil tanah air, terhitung pada 2012 Datsun mobil kembali memperoduksi mobilnya di tanah air, Hadirnya pabrikan yang masih di bawah bayang-bayang Nissan Mobil itu turut meramaikan industri pasar mobil tanah air, dengan menawarkan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan pabrikan terkenal seperti Honda, Toyota, Suzuki bahakan Nissan sendiri, dengan memperkenalkan mobil terbarunya yakni Datsun GO Panca dan Datsun Go+.

Image result for datsun go+

Meskipun Pabrikan yang masih di bawah bayang-bayang Nissan mobil ini baru saja bangkit dari mati surinya tercatat mengalami penjualan terbaik dalam waktu 1 tahun secara global yakni 100.000 unit tentu saja angka yang sangat baik untuk mobil dengan merek baru seperti Datsun Go+ ini, dengan berkantor pusat di korea Datsun menawarkan mobil dengan harga yang relatif murah dan tentu saja dengan spesifikasi yang tidak kalah baik dengan pabrikan lain, salah satu keunggulan Datsun Go+ adalah pada kabin yang luas dengan segmen Small MPV.

Image result for datsun go+

Sempat diragukan karena kemampuannya yang belum teruji diluar dugaan Datsun GO+ mampu meraih popularitas yang cukup baik dengan nama besar Nissan, menawarkan mobil keluarga dengan harga yang tentunya lebih kompetitif serta spesifikasi yang tidak kalah dengan pabrikan yang sudah memiliki nama besar, Menawarkan konsep mini MPV pada Datsun GO+ dengan bekal mesin 1,2 L yang memiliki tenaga yang patut diandalkan membuat mobil keluarga ini patut untuk sobat pertimbangkan.

Dengan bandrol harga yang dapat dibilang cukup murah degan kisaran harga 93 jutaan yakni Datsun GO+ D, sedangkan untuk harga paling mahal dimiliki oleh Datsun Go+ T Style dengan harga mencapai 115 jutahan, untuk sobat yang sedang membutuhkan kami sarankan untuk memilih varian terbaik pada GO+ T Style yang memiliki performa terbaik di kelas G0+, Untuk lebih jelasnya dari Spesifikasi Mobil Datsun Go+ mari kita lihat ulasan tentang review Datsun GO+ :

Review Datsun GO+

Eksterior

Image result for datsun go+


Secara kasat mata, desain eksterior dari spesifikasi Datsun GO+ ini tak jauh berbeda dengan Datsun GO Panca yang merupakan jenis hatchback. Namun untuk tipe mobil keluarga yang satu ini dibuat lebih panjang dengan konsep small MPV. Secara keseluruhannya, garis body hampir mirip dengan Nissan Grand Livina. Namun untuk Datsun GO Plus dirancang lebih kompak. Mobil ini menawarkan desain depan yang bagus lewat penerapan headlamp heksagonal berjenis halogen yang sanggup memberikan penerangan maksimal ketika berkendara di malam hari. Kemudian pada bagian grill depan juga desain hampir sama dengan Datsun GO Panca dengan konsep grull D-Cut berkontur honeycomb dengan bingkai krom untuk memberikan kesan elegan. Lantas pada bagian bumper depan Datsun GO+ juga menampilkan desain berkelas lewat siluet tiga dimensi. Beralih pada body samping, desain mobil ini identik dengan mobil low MPV lainnya yang tanpa banyak garis tajam, namun tetap kelihatan sporty lewat desain kaca menyempit dari depan ke belakang. Lantas untuk bagian buritannya sendiri, Datsun GO+ menawarkan desain dinamis lewat perpaduan body belakang yang dibuat melengkung dengan stoplamp persegi yang kompak mengikuti alur body secara keseluruhan. Desain body belakang juga semakin manis berkat penerapan roof spoiler dan body yang dibuat menjorok ke belakang serta bumper yang dikonsep landai. Umunya desain eksterior dari spesifikasi Datsun GO Plus ini memang cukup modis serta mampu menampilkan aura mobil yang fungsional sebagai kendaraan masa kini.

Interior

Image result for datsun go+


Untuk bagian interiornya sendiri tak jauh berbeda dengan Datsun GO versi hatchback, di mana kedua mobil ini mengusung material yang sepadan serta desain dashboard yang identik. Mulai dari dashboard yang didominasi warna abu-abu, kemudian panel instrumennya minimalis pada umumnya dan hanya terdapat panel audio standar. Desain dashboard Datsun GO+ sendiri lebih ringkas berkat penempatan tuas persneling yang menyatu pada dashboard depan. Setir kemudi juga sangat mirip dengan Datsun GO Panca di mana tak ada tombol penunjang speedometer atraktif, namun tetap memiliki cluster AC yang dapat diputar. Untuk joknya sendiri, material jok yang ada pada Datsun GO Plus ini cukup baik, dengan aksen mirip jok kulit namun berbeda detailnya. Lantas untuk kabinnya sendiri dirancang lebih lega dibandingkan dengan Datsun GO di mana pada Datsun GO+ ini memiliki kursi ketiga yang bisa dilipat sebagai tambahan bagasi yang sanggup menampung barang bawaan anda hingga maksimal 347 liter (apabila kursi baris ketiga dilipat). Secara keseluruhan, Datsun GO+ menawarkan kabin minimalis namun dijamin memberikan kenyamanan ekstra untuk penumpang berkat penerapan kursi depan terhubung serta ruang kepala yang dirancang lebih lebar. Idealnya, jika melihat spesifikasi Datsun GO Plus pada bagian kabin dan interior, mobil ini sanggup menampung hingga 7 orang penumpang dengan catatan kabin ketiga bisa dihuni oleh dua orang anak-anak dengan tinggi kurang dari 150 cm.

Dimensi

Image result for datsun go+

Datsun GO+ dikonsep memiliki dimensi kompak meskipun berkategori small MPV. Desain kompak tersebut bisa kita lihat dari ukurannya yang mencakup panjang body 3.995 mm, lebar mobil 1.635, serta tinggi mobil yang hanya berkisar pada 1.490 mm. Melihat dimensinya, jelas mobil ini asyik untuk diajak bermanuver di jalan raya, apalagi memiliki radius putar cukup rendah, yakni 4,6 m saja. Datsun GO+ juga masih sanggup diajak melesat di jalanan yang kurang rata karena catatan ground clearance-nya cukup tinggi, mencapai 170 mm. Stabilitas mobil ini juga semakin mantap berkat kehadiran teknologi Electronic Power Steering dengan Speed Sensitive, namun hanya untuk Datsun GO Plus tipe T Option dan T Style. Untuk dukungan stabilitas berkendara lainnya, kemampuan mobil ini juga tidak perlu diragukan lagi karena Datsun GO+ sudah dibekali dengan sistem suspensi berporos ganda yang disempurnakan oleh suspensi depan bertipe McPherson Strut dengan per keong, serta suspensi belakang menggunakan Torsion Beam. Untuk mengontrol traksi, Datsun GO+ juga sudah dijejali dengan rem depan berjenis disk berventilasi, serta rem belakang berjenis drum. Sedangkan pada bagian kaki-kakinya, spesifikasi Datsun GO Plus dibekali dengan velg berdiameter 13 inci dibalut ban berukuran 155/70. Dengan spesifikasi di atas, maka bisa dipastikan anda akan menemukan sensasi berkendara yang stabil.

Mesin


Secara teknis, spesifikasi mesin mobil ini memang masih menggunakan basis mesin yang sama dengan saudara kandungnya, yakni Datsun GO Panca hatchback. Kali ini, Datsun GO+ tetap mengandalkan mesin seri HR12DE yang juga masih merupakan platform mesin dari Nissan March. Nama Nissan March sendiri dikenal publik sebagai salah satu city car yang memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang cukup irit, selain tentunya performa mesin yang juga bertenaga. Nah, konsep itu jugalah yang diterapkan pada Datsun GO+ ini. Sama seperti varian GO Panca, mobil ini masih dijejali dengan mesin DOHC 3 silinder yang memiliki kapasitas 1198 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 50 KW pada putaran mesin 6000 rpm dan torsi sebesar 104 NM pada putaran mesin 4000 rpm. Tenaga yang ada pada Datsun GO Plus ini memang sedikit dibawah versi GO Panca. Hal ini karena mobil ini memang memiliki dimensi yang lebih besar. Sementara itu untuk penyaluran bahan bakarnya, mobil ini sudah menggunakan sistem Fuel Injection. Penggunaan sistem pengabutan bahan bakar injeksi tersebut akan membuat Datsun GO+ menjadi lebih irit bahan bakar. Dari beberapa pengujian, mobil ini diklaim sanggup melesat dengan kecepatan maksimum 155 km/jam. Selain itu, sama seperti Datsun GO Panca, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi pedal elektrik untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar serta menjaga umur pemakaian mesin lebih lama. Untuk transmisi penggeraknya sendiri, spesifikasi Datsun GO Plus yang tersedia di pasar Indonesia semuanya masih mengusung transmisi manual 5 percepatan.

Fitur


Dimulai dari fitur keselamatan, sama seperti Datsun GO Panca, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur penunjang keselamatan standar seperti Drive-side Airbag plus Pretensioner Seatbelt yang tersedia untuk semua tipe. Seatbelt pada Datsun GO+ pun juga sudah terbagi untuk tiap-tiap kabin. Beralih pada sektor kenyamanan, juga sudah tersedia bermacam fitur penunjang kenyamanan, seperti Drive Computer, Digital Tachometer, Gear Shift Guide, Intelligent Whiping System, serta Parking Sensors yang melengkapi fitur pada Datsun GO Plus tipe T Option dan T Style. Kemudian ada juga fitur Mobile Docking Station yang tersedia untuk tipe T Option dan T Style. Sedangkan fitur multimedianya sendiri terdapat 1 Din Audio with Aux Jack, USB, serta active speakers di mana perbedaannya meliputi JVC Audio System untuk Datsun GO+ tipe T Style dan T Option saja. Sementara MDS Audio juga sudah tersedia untuk semua tipe GO+ yang bertipe low MPV ini. Selain itu, pada semua tipe Datsun GO+ juga sudah disediakan AC manual yang cukup memberikan kesejukan di dalam kabin. Lantas tak lupa pula mobil ini sudah dibekali dengan fitur keamanan standar mobil modern, mulai dari Immobilizer, Central Door Lock, serta Keyless Entry lengkap dengan alarm. Namun sayangnya, semua fitur tersebut hanya tersedia untuk spesifikasi Datsun GO Plus tipe T Option dan T Style.

Demikianlah  Review Datsun GO+ yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. terima kasih

0 komentar:

Post a Comment